LAPORAN PKL PRAKTIK KERJA INDUSTRI

SISTEM DIGITAL MARKETING

CV. BEEHAPPY TRANSLATION

1. BIODATA SISWA

Nama                                :  Agung Eka Saputra

Tempat/ tanggal lahir       :  Malang, 09 Maret 2003

NISN                                :  0036690741

Kelas                                :   XI TKJ C

Kompetensi keahlian       :   Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Dinas Pendidikan Kota Malang

SMK NEGERI 8 MALANG

Jl Teluk Pacitan, Arjosari, Kec. Blimbing , Kota Malang, Jawa timur 65126

Smkn8malang@yahoo.com

Waktu Pelaksanaan : 11 Januari 2021 s/d 10 Mei 2021

Disetujui oleh,

 

            Guru Pembimbing                                         Pembimbing DU/DI

           

           

            Indriyah Sri Suwanti, M.Pd                       Naviga Vanda Pranata

          NIP : 196601131989032009                      NIK :  -

Mengetahui,

            Kepala SMKN 8 Malang                                   Ketua Program Keahlian TKJ

 

 

            Drs.Cone Kustarto Arifin                                   Prio Adi Nugroho, S.ST

            NIP : 196704132000121003                                     NIP : 198405172010011013

2. PROFIL PERUSAHAAN

     SEJARAH PERUSAHAAN

Bee Happy Translation Services didirikan pada tahun 2014 oleh Evi Datur Rofiah. Beliau memulai karirnya sebagai penerjemah lepas (freelance translator) dan setelah memperoleh pengalaman kerja cukup di berbagai perusahaan multinasional, beliau pun bersemangat untuk membuka perusahaan penerjemahannya sendiri. Evi telah banyak mengetahui berbagai kompleksitas dalam memulai dan meningkatkan usaha bisnisnya, namun dengan menerapkan kemampuan marketingnya secara bijak, beliau berhasil mengembangkan Bee Happy Translation Service menjadi perusahaan terdepan diantara industri lainnya. Bee Happy Translation Services selalu mencari cara untuk menciptakan banyak kesempatan dan dengan demikian, membuat layanan kami dapat diakses dengan mudah oleh populasi yang lebih banyak dengan mengatasi celah kebahasaan.

Bee Happy Translation Services memiliki tim ahli bahasa profesional dan berpengalaman dengan minimal 5 tahun pengalaman di bidang bahasa, beserta para editor dan personalia account service yang mengusahakan untuk memuaskan kebutuhan klien dan menghadapi tantangan dengan mengutamakan efisiensi, kualitas dan biaya. Komunikasi efektif juga merupakan komponen utuh Bee Happy Translation Services. Lebih lagi, perusahaan selalu memberikan kualitas dan konsistensi pada setiap jenis layanan yang berujung pada pelayanan profesional jangka panjang yang terikat pada Anda dan organisasi Anda.  Bee Happy Translation Services berkomitmen dalam menyediakan hasil terbaik dan kepuasan bagi setiap klien, serta memastikan transparansi dan akuntabilitas.

      Visi  Perusahaan

Bee Happy Translation Services memiliki visi dalam mengurangi hambatan kebahasaan secara efektif dalam setiap tingkatan bisnis dan industri.

 

     Struktur Perusahaan

·          Director ( Benny Sugeng Andriyanto )

·          Finance Manager ( Evi Datur Rovivah )

·          Human Growth ( Nurin Rusydina Kinanthi )

·          Project Coordinator   1.  Transciption ( Ni Luh Pranamyta Nadiva Priliana )

                                        2.  Translation ( Maria Talitakumi Widiastuti )

·          Digital Marketing ( Naviga Vanda Pranata,  Satrio Kartika Adi ).

    Bidang Usaha

Bee Happy Translation Services adalah perusahaan penyedia layanan bahasa (LSP), berlokasi di Indonesia dan bertujuan memberikan layanan kebahasaan yang efisien dengan harga terjangkau guna mengatasi rintangan dalam kebahasaan diantara perusahaan bisnis yang terletak di berbagai wilayah. Bee Happy Translation Service selalu berusaha untuk melayani klien yang beragam, baik individual, perusahaan kecil maupun menengah, dalam menyambungkan celah bahasa dengan menyediakan layanan kebahasaan yang efisien dalam berbagai bahasa di Asia. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan dengan ketelitian, kecepatan yang besar dan terpercaya seperti layanan penerjemahan, layanan transkripsi, editing & proofreading, lokalisasi situs web, interpretasi, dan asisten virtual. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah memperkuat wilayah klien di Asia dan negara lainnya dengan menyalurkan layanan kebahasaan eksklusif dengan berbagai klien kelas atas, termasuk Cicero Translations, Quipper, Eos Intelligence, Chemonics dan banyak lagi. 

    Produksi yang di hasilkan

TRANSLATION

            Bee Happy Translation Services percaya bahwa memberikan layanan berkualitas tinggi yang berkelanjutan adalah cara terbaik untuk menjalankan bisnis yang sukses dengan membentuk hubungan timbal balik yang saling percaya dengan klien. Secara khusus berfokus pada akurasi dan kompetensi, tim ahli penerjemah dan manajer kualitas memiliki profesionalisme tingkat tinggi. Profesionalisme semacam ini dikombinasikan dengan dedikasi yang kuat dan membuat layanan kami berbeda dibandingkan banyak agensi di luar sana.

            Bee Happy menawarkan beragam bidang Layanan Terjemahan untuk memenuhi kebutuhan klien. Mulai dari terjemahan pemasaran hingga terjemahan tersertifikasi, dalam bidang keahlian apa pun dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Berikut adalah bidang keahlian yang biasa kami miliki:

• Biologi

• Bisnis

• Kimia

• Komunikasi

• Teknik

• Keuangan

• IT

• Hukum

• Pemasaran

• Minyak dan gas

• Power

• Travel and Leisure

• Bidang lain

 

LOCALIZATION

            Pelokalan Situs Web pada dasarnya yaitu menyesuaikan konten situs web agar sesuai dengan nuansa budaya dan bahasa di setiap pasar internasional baru. Ini pada dasarnya mempertimbangkan perbedaan budaya, bahasa, dan teknis suatu wilayah dan mengubah konten situs web tanpa mengubah keaslian konten aslinya.

            Saat ini, industri menjual barang dan jasanya tidak hanya ke pelanggan domestik tetapi juga ke pelanggan yang berada di berbagai belahan dunia. Interaksi dengan pelanggan internasional sangat bergantung pada seberapa efektif bisnis dapat menyampaikan pesan merek mereka melalui konten situs web mereka. Mengingat perbedaan budaya dan bahasa di seluruh wilayah, teknik pelokalan situs web yang direncanakan dengan baik diperlukan untuk bisnis apa pun yang ingin memperluas operasi mereka.

 

EDITING & PROOFREADING

            Mayoritas perusahaan mempekerjakan editor dan korektor untuk memastikan bahwa konten diperiksa dua kali lipat, ditulis dengan baik dan memiliki kualitas tertinggi. Operasi bisnis transnasional dari banyak perusahaan akhir-akhir ini telah menghasilkan kebutuhan akan berbagai layanan pengoreksian dan pengeditan, terutama bergantung pada persyaratan bahasa dari pasar yang ditargetkan. Persyaratan layanan pengeditan, baik itu untuk pemasaran konten atau proofreading akademis, dihadapi oleh semua industri, baik skala kecil maupun besar.

            Namun, sebelum memilih di antara kumpulan editor dan korektor yang tersedia di seluruh dunia, kita harus mengenal berbagai jenis layanan pengeditan. Berikut adalah jenis layanan pemeriksaan dan pengeditan yang dapat dipilih:

·       Developmental Editing:

                  Bagi mereka yang mencari bantuan yang konsisten saat merumuskan dokumen mereka harus memilih layanan developmental editing. Developmental editing berfokus pada keseluruhan struktur dan konten artikel. Restrukturisasi dan revisi plot, ide, argumen, dan yang terpenting nada teks membentuk esensi dari jenis layanan pengeditan ini.

                 Melalui developmental editing, kita bisa mendapatkan artikel yang terdefinisi dengan baik, secara bersamaan memungkinkan klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proposal penulisan mereka. Untuk penulisan akademik dan buku, developmental editing membantu proses perumusan dari tahap awal, yaitu dari konsep hingga kesimpulan. Bagi mereka yang mencari editor untuk konten situs web harus menyewa editor pengembangan yang memiliki pengetahuan SEO yang baik dan desain antar muka pengguna.




·       Line Editing:

     Sebagai bagian dari layanan pengoreksian dan pengeditan, line editing berfokus pada kejelasan dan konsistensi bahasa di setiap baris dan paragraf. Line editing melihat ke dalam struktur kalimat, apakah diformulasikan dengan baik, jelas dan masuk akal atau tidak. Penekanan pada nada, aliran, lingos, tata bahasa, dan tanda baca dalam teks sangat penting saat mengedit baris. Editor garis secara besar-besaran menyelesaikan masalah yang terkait dengan:

            - Inkonsistensi dalam suara pengarang atau nada artikel

            - Pilihan kata yang tidak tepat dan struktur kalimat yang salah

            - Mempersingkat kalimat tanpa kehilangan makna aslinya

            - Memeriksa fakta yang termasuk dalam teks

            Line editor secara keseluruhan menyempurnakan draf dokumen, sambil   menyarankan beberapa perubahan penting kepada penulis atau pengarang.

·       Copy Editing:

     Copyediting adalah  menyempurnakan draf akhir dokumen. Ada banyak kesamaan antara copy editing dan line editing, namun saat kita mempelajari detailnya, perbedaan di antara keduanya menjadi lebih jelas. Secara garis besar, copyediting berfokus pada masalah teknis, misalnya memeriksa ulang apakah suatu kalimat dirumuskan dengan benar atau tidak. Di sisi lain, line editing lebih pada kreativitas artikel dan berfokus pada bagaimana ide atau argumen disajikan dalam dokumen. Peran copy editor meliputi:

            - Melakukan koreksi pada tanda baca, tata bahasa, dan ejaan draf akhir.

            - Memeriksa penggunaan tanda hubung, font, dan tautan lain di artikel.

            - Memeriksa gaya penulisan artikel.

                   Selain itu, copywriter harus terbiasa dengan berbagai gaya penulisan seperti    American Psychological Association, APA, Style, dan gaya Chicago Manual.

·       Proofreading:

     Orang yang mencari layanan proofreading dan editing umumnya bingung antara layanan copyediting atau proofreading, tetapi keduanya berbeda dalam beberapa aspek. Proofreading adalah langkah terakhir dalam proses pengeditan sebelum dokumen, jurnal atau buku dikirim untuk dicetak atau diterbitkan secara online. Ini bukan proses di mana kita ingin mengubah plot, bab, atau sesuatu yang substansial daripada mengoreksi kesalahan aktual dan sederhana.

     Proofreading memastikan kualitas artikel akhir dengan mengoreksi kesalahan ketik, koma, dan apostrof yang salah tempat. Proofreader juga berfokus pada tata letak artikel seperti ukuran font, spasi paragraf, header, catatan kaki, garis yang hilang atau halaman yang diberi nomor dengan tidak benar.

 

TRANSCRIPTION

            Transkripsi umumnya berarti mengubah file video atau audio ke dalam format tertulis. Namun, bergantung pada kebutuhan klien, pekerjaan transkrip dapat berbeda dalam tingkat presisi yang digunakan untuk mentranskripsikan file rekaman dalam bahasa lain. Dengan kata lain, beberapa jenis transkripsi melibatkan kata ke kata dan transkripsi terperinci dalam bahasa yang ditentukan, sementara yang lain melibatkan transkrip dengan hanya mempertahankan makna otentik dari file media.

            Industri telah menjadi mobile tidak seperti sebelumnya, dengan operasi mereka berkembang di berbagai wilayah di dunia. Untuk menjaga hubungan bisnis yang baik dengan klien dan pelanggan di luar negeri, transkripsi profesional pidato, presentasi, dan media audio / video terkait bisnis lainnya sangat penting.

            Transkripsi tampak mudah sekali tetapi memerlukan banyak upaya untuk mempertahankan arti asli dari file media tersebut. Meskipun demikian, berikut adalah tiga jenis layanan transkripsi profesional yang umum digunakan:

 

  1. Verbatim transcription

            Verbatim transcription adalah cara yang paling sulit dan memakan waktu untuk mentranskripsikan file audio dan video menjadi teks tertulis. Ini melibatkan transkripsi kata ke kata dan sekaligus memastikan bahwa setiap emosi; tawa, kebisingan latar belakang, gumaman, seruan, desahan, batuk, gagap atau kalimat yang kacau ditranskripsikan ke dalam bahasa yang ditakdirkan. Dengan kata lain, ini adalah transkripsi literal dari setiap kata dalam file audio / video. Transkripsi kata demi kata tidak memperhitungkan kesalahan tata bahasa atau penggunaan kata yang tidak tepat dalam sebuah kalimat, dan karenanya pembaca mungkin menghadapi kesulitan saat membaca teks tertulis.

Dengan bantuan verbatim transcription, kita akan dapat memahami konteks yang jelas dimana setiap interaksi terjadi di file media. Ini secara akurat mereplikasi apa yang telah dikatakan dan cara yang dikatakan dalam rekaman. Transkripsi verbal paling cocok untuk:

• Industri hiburan, film, dan serial TV

• Proses pengadilan dan investigasi polisi

• Psikologi dan interaksi klinis

• Wawancara untuk tujuan hukum dan lamaran pekerjaan

• Riset akademis atau pasar, dan banyak lagi.

 

2.                   Edited Transcription

                    Tidak seperti verbatim transcription, pembuat transkripsi dapat menghilangkan beberapa frasa dan kata dari file audio / video dalam transkripsi yang diedit. Namun demikian, perubahan dapat dilakukan tanpa mengubah arti sebenarnya dari rekaman tersebut. Penting bagi transcriber untuk memahami tujuan dan arti rekaman, dan secara bersamaan membuat keputusan bagian mana yang akan dimasukkan dan mana yang tidak disertakan dalam dokumen akhir.

               Jenis transkripsi ini tidak menyertakan emosi, ucapan yang kacau, setengah kalimat, dan dialog tidak jelas lainnya dalam dokumen tertulis. Dokumen transkrip ditulis secara sistematis dan mudah dipahami oleh pembaca. Transkripsi yang diedit biasanya digunakan selama:

• Konferensi bisnis

• Pidato resmi

• Wawancara publikasi

• Mempersiapkan risalah rapat

              Edited transcription adalah salah satu metode transkrip yang populer dan banyak digunakan ketika perusahaan harus berbagi ide bisnis dengan mitra bisnis mereka yang berbasis di negara lain.

 

3.                   Intelligent transcription

              Intelligent transcription membawa transkripsi ke tingkat berikutnya dan merupakan versi yang sangat halus dari teknik transkripsi umum, yaitu verbatim transcription dan edited transcription. Bentuk transkripsi ini menghilangkan segala jenis pernyataan, pikiran, jeda, dan emosi yang tidak jelas. Tujuannya adalah untuk menghasilkan dokumen tertulis yang menyampaikan pesan langsung dan jelas tentang konteks interaksi. Parafrase dan perubahan kecil dalam dialog dibuat agar sesuai dengan konteks rekaman.

            Transcriber yang berpengalaman dan berkualifikasi tinggi diperlukan untuk melakukan intelligent transcription karena sebagian besar pekerjaan transkrip terbatas pada bidang medis dan lainnya yang menuntut tingkat presisi yang tinggi dalam dokumen yang ditranskrip. Misalnya, transkripsi rencana operasi yang salah akan menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius pada pasien.

            Selain pengobatan, intelligent transcription juga digunakan untuk:

• Komunikasi Bisnis sebagai pebisnis dan eksekutif membutuhkan informasi yang jelas dan langsung ke intinya.

       • Publikasi makalah akademis karena jenis dokumen ini memerlukan konversi pidato tidak lengkap dan informal menjadi suara tertulis langsung dan formal untuk mempertahankan nada formal dalam dokumen akhir.\

 

VIRTUAL ASSISTANT

            Virtual assistant adalah individu atau entitas independen yang menyediakan berbagai layanan, terutama layanan administrasi kepada bisnis dari lokasi yang jauh. Berbasis di luar kantor klien, virtual assistant menjadi menonjol dengan meningkatnya penggunaan internet oleh perusahaan untuk menjalankan operasi sehari-hari mereka.

            Mempekerjakan virtual assistant akan dapat menghemat biaya karena mereka menyediakan layanan kontrak. Dengan kata lain, Anda tidak harus menawarkan manfaat yang sama seperti yang Anda lakukan kepada karyawan penuh waktu Anda. Selain itu, mereka berbasis di luar kantor, oleh karena itu tidak perlu membeli meja dan kursi untuk virtual assistant.

            Meningkatnya jumlah kontraktor dan freelancer independen telah menghasilkan semburan dari beberapa organisasi berbasis web yang bertindak sebagai perantara antara klien dan kontraktor untuk menyediakan layanan asisten pribadi online terbaik.

            Virtual assistant telah terbukti menjadi salah satu aset terbesar bagi banyak perusahaan, tetapi penting untuk memilih asisten pribadi virtual yang memenuhi syarat tergantung pada sifat bisnis. Berikut ini adalah layanan penting yang disediakan oleh perusahaan virtual assistant berbasis web:





·         Asisten virtual untuk Layanan Administratif:

            Tugas administratif biasanya berulang dan memakan waktu. Hal tersebut lebih baik untuk dilakukan outsourcing ke asisten virtual dan berkonsentrasi pada tugas bisnis produktif dan inti lainnya yang membutuhkan lebih banyak perhatian.

            Asisten administrasi virtual melakukan berbagai tugas termasuk:

- Menjadwalkan janji temu,

- Mengelola file dalam penyimpanan berbasis cloud online,

- Merumuskan dan menanggapi email,

- Membuat reservasi dan pemesanan perjalanan lainnya,

-Mempersiapkan presentasi dan dokumen penting lainnya untuk pertemuan bisnis.

·         Asisten Virtual untuk Riset Pasar:

            Revolusi Industri 4.0 telah meningkatkan persaingan di lanskap industri. Transaksi lintas batas berbagai perusahaan dipengaruhi oleh kehadiran pesaing baik di tingkat nasional maupun global. Menjadi penting bagi semua bisnis untuk merumuskan strategi yang berorientasi pada pertumbuhan dan layak setelah melakukan analisis yang cermat terhadap tren pasar terbaru dan yang diperkirakan. Saat ini, asisten virtual untuk riset pasar memainkan peran penting dalam membantu perusahaan melakukan riset pasar yang efektif.

            Beberapa tugas yang dilakukan oleh asisten virtual di bidang ini meliputi:

- Memantau dan menganalisis aktivitas pesaing,

- Mengidentifikasi peluang dan risiko dengan melakukan analisis SWOT,

- Menganalisis model penetapan harga yang berbeda,

- Melakukan survei / wawancara untuk mengidentifikasi suka dan tidak suka  konsumen,

- Mengidentifikasi peluang untuk jaringan bisnis online, dll.

·         Asisten Virtual untuk Manajemen Data:

            Inovasi di bidang teknologi dan internet telah menghasilkan perkembangan data dalam jumlah besar. Manajemen Big Data dengan teknologi AI yang efisien diperlukan oleh semua bisnis untuk melacak penjualan mereka, preferensi konsumen, keefektifan berbagai kampanye pemasaran, dll. Asisten virtual untuk manajemen data memastikan bahwa semua data penting dimasukkan ke komputer Anda database secara akurat tanpa penundaan. Asisten virtual membantu dalam:

                        - Memeriksa data dan mengoreksinya untuk meminimalkan kesalahan,

                        - Memfilter dan mengkategorikan data yang perlu dimasukkan,

                        - Menghapus informasi yang tidak relevan dan lama,

                        - Menafsirkan data dan menyajikannya dalam format yang tepat, dll.

·         Asisten Virtual untuk Media Sosial dan Pemasaran Digital:

            Membangun kehadiran online yang solid melalui internet termasuk platform media sosial telah menjadi alat pemasaran yang penting untuk menarik konsumen, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya pendapatan bisnis. Media sosial adalah platform yang efektif untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan calon pelanggan. Anda dapat menghindari upaya dan waktu yang diinvestasikan dalam pemasaran media sosial dengan menyewa asisten virtual media sosial yang akan melakukan hal-hal berikut untuk bisnis Anda:

- Kelola profil perusahaan Anda di platform seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, Twitter, Pinterest, dll.

- Membuat dan menjadwalkan posting untuk pegangan media sosial,

- Mengelola iklan Google, iklan Facebook, dll.

- Mempersiapkan kalender media sosial dan melakukan hal yang sama,

- Memantau dan menganalisis aktivitas media sosial pesaing, dan banyak aktivitas serupa.

 

3. PENDAHULUAN

          -   LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN

  Praktek Kerja Lapangan yang di singkat dengan PKL merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan system pendidikan di SMK yaitu Praktek Kerja Lapangan(PKL). Program PKL disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK. Dengan PKL peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang di tuntut kurikulum, dan di samping itu mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatka pendidikannya.

 

 Dalam rangka pengembangan program sekolah menengah kejuruan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan serta menyediakan tenaga kerja yang professional tingkat menengah yang berkualitas perlu berorientasi pada dunia usaha/industri, maka diperlukan program pembinaan dan pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang diupayakan untuk menyiapkan tenaga yang terampil dengan profesionalisme dan etos kerja yang tinggi.Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adanya pernyataan bahwa kemampuan tamatan sekolah menengah kejuruan belum cukup diakui oleh masyarakat dan dunia usaha/industri sehingga masih ada bahwa tamatan sekolah menengah kejuruan belum siap pakai.

 Hal ini terjadi antara lain karena antara sekolah dengan dunia usaha/industri belum terjadi Link and Mach dalam arti belum adanya keterkaitan antara sekolah dengan dunia usaha/industri, dan belum adanya kepadanan antara kurikulum sekolah dengan dunia usaha/industry, seharusnya antara sekolah menengah dengan dunia usaha/industri saling mengisi dan saling mendorong secara integrative untuk memacu produktifitas nasional dalam mengatasi globalisasi yang menuntut keunggulan komperatif dan kompetitif.

 

 Melalui pendekatan Link and Mach dengan Pendidikan Praktek Kerja Lapangan maka siswa sekolah menengah kejuruan yang dapat mengoptimalkan aktivitas dan dapat mengembangkan sikap professional.

-          Rumusan Masalah

1.      Masalah yang sering kita hadapi adalah bagaimana cara optimasi social media. Solusinya : menanyakan kepada pak Po dan Pak Po pun menjelaskan kembali optimasi social media jika di rasa oleh yang bertanya kurang paham maka, bisa di tanya kan lagi lebih jelas atau bisa di cari reverensi yang luas 

 

-          Tujuan Praktik Kerja Lapangan

 

1.      Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan disekolah.

2.      Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN.

3.      Melatih siswa untuk berkomunikasi / berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya.

4.      Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PKL sesuai bidang masing-masing.

5.      Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

6.      Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

7.      Memberikan bekal etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.

      

-          Manfaat Praktik Kerja Lapangan

·        Bagi Peserta Didik

1.      Mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di sekolah.

2.      Menambah wawancara dunia kerja, iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.

3.      Menambah dan meningkatkan kompetensi serta dapat menanamkan etos kerja yang tinggi.

4.      Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari di tempat PKL.

5.      Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bimbingan/arahan pembimbing industri.

 

·        Bagi sekolah

1.      Terjalinnya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan dunia kerja(perusahaan).

2.      Meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja selama PKL.

3.      Mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL.

4.      Meningkatkan kualitas lulusan.

 

·        Bagi DU/DI

1.      Dunia kerja (DUDI)lebih dikenal oleh masyarakat sekolah sehingga dapat membantu promosi produk.

2.      Adanya masukan yang positif dan konstruktif dari SMK untuk perkembangan DUDI.

3.      Dunia kerja/DUDI dapat mengembangkan proses dan atau produk melalui optimalisasi peserta PKL.

4.      Mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

5.      Meningkatkan citra positif DUDI sebagai bentuk implementasi dan inpres No 9 tahun 2016.

4. PEMBAHASAN

-                     MEMBUAT WEBSITE, ARTIKEL, ARTIKEL KAIDAH SEO,OPTIMASI FACEBOOK, INSTAGRAM, TIKTOK, TOKOPEDIA, MENERIMA SHEARING, SHEARING KE TEMAN - TEMAN

 

-          Membuat Website

  




Untuk artikel biasanya kami membuat kurang lebih 500 kata

Contoh :



 

-          Artikel Kaidah SEO

Untuk kaidah SEO biasanya kami menyisipkan link kepada kata kunci artikel

Contoh :

 



-          Optimasi Fb

Untuk optimasi facebook bisanya kami memposting di marketplace dan di grup yang sesuai dengan produk kami, untuk produk kami yaitu Dimsum atau bisa di sebut dengan “Dimsunday”. Dan juga kami biasanya nge-up postingan di facebook, komen di postingan orang, ngechat orang buat beli produk kami.


Post Marketplace

 


 

Up-postingan

 

 

Komen postingan yang sesuai


Chat orang untuk mendapatkan pembeli



 

-          Optimasi Instagram

Untuk optimasi instgaram bisanya kami Membuat feednya, follow unfollow, membuat kepsen buat feed, menjadwalkan postingan, riset hastag, story.

 

Membuat feed

 


Follow unfollw

 


Membuat caption


 

Menjadwalkan postingan

 


Riset hastag

 


Story

 


-          Optimasi Tiktok

Untuk tiktok biasanya kami mengedit video, follow unfollow, memposting vidio.

Mengedit video

 


Follow unfollow

 

 

Post Vidio Tiktok

 


 

-          MENERIMA SHARING

 


-          SHARING KE TEMAN – TEMAN

 


5. KESIMPULAN DAN SARAN

       a)    Kesimpulan

              Setelah saya melakukan PKL di CV BEEHAPPY TRANSLATION saya menjadi lebih tau mengenai Digital Marketing, dan yang paling penting saya mendapatkan gambaran dalam dunia kerja juga setelah lulus saya akan mendapatkan gambaran kedepannya ingin melakukan apa.

       b)    Saran

              Buat sekolah : untuk sekolah bekal buat yang mau PKL selanjutnya di permatang kondisi fisik juga lebih di tanyai sanggup apa ngga PKL di tempat yang di pilih kan oleh guru  dan kalo ada murid nya bertanya tolong di jawab apa lagi mengenai tempat PKL an.

              Buat PKL an : untuk PKL an semoga yang PKL berikutnya lebih serius dan lebih fokus lagi dalam mengerjakan backlog, lebih sabar lagi ketika menghadapi siswa PKL an yang kadangan ngga terlalu serius saat melakukan pekerjaan dan terima kasih telah membimbing kami selama 4 bulan semoga pelajaran yang kami dapatkan bisa bermanfaat kedepannya.

Daftar pustaka

https://seller.shopee.co.id/portal/product/list/all

https://www.facebook.com/

https://www.canva.com/

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1dwtJfzJ1eeTPz-WI4h48mG0lVpJlx95kGg5RpsUlJuc/edit#gid=0

https://www.instagram.com/

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1dwtJfzJ1eeTPz-

https://drive.google.com/drive/folders/1M14aNt5aQ6W7weYBa1IV57RaBFzjeayo

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1N36g9rb2fwWDdPpX-7dWpENAbyLxRj0fyV9R72-kjCA/edit?usp=drive_open&ouid=111603625429688619911

https://drive.google.com/drive/folders/1jrfXsKwkxNt87BVyw1jUS3B6ugXCABCY

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1zns5vIEWD7eMqJ1r4Fc9DFF4lhPHOsAvZbK1_bI3vk0/edit?usp=drive_web&ouid=111603625429688619911

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1vXhRDwdxBjmAodjd8vAvJtT5Wjlb__D4wLC-f0-o-7w/edit?usp=drive_web&ouid=111603625429688619911

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yMLx56YHGO8Vu-RE9yvXes1PWkC9cwp9E78P2E5EaZU/edit#gid=0

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1mrHhmqVBiZFxaH_MerrfT_-fPl0BsMz8Kv6ish7BcFw/edit?usp=drive_web&ouid=111603625429688619911

https://www.canva.com/design/DAEdq9wKtJQ/_9IrwfUXmk7jpmVXwYvvtg/edit

https://www.facebook.com/marketplace/you/selling 




Jurnal PKL selama 4 bulan di Cv Beehappy Translation 



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Secangkir kopi