LAPORAN PKL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
SISTEM DIGITAL MARKETING
CV. BEEHAPPY TRANSLATION
1. BIODATA SISWA
Nama : Agung Eka Saputra
Tempat/ tanggal lahir : Malang,
09 Maret 2003
NISN : 0036690741
Kelas : XI TKJ C
Kompetensi
keahlian : Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Dinas Pendidikan Kota Malang
SMK NEGERI 8 MALANG
Jl Teluk Pacitan, Arjosari, Kec. Blimbing , Kota Malang,
Jawa timur 65126
Waktu Pelaksanaan : 11 Januari 2021 s/d 10 Mei
2021
Disetujui oleh,
Guru Pembimbing Pembimbing
DU/DI
Indriyah Sri Suwanti, M.Pd Naviga Vanda Pranata
NIP
: 196601131989032009 NIK
: -
Mengetahui,
Kepala
SMKN 8 Malang Ketua Program Keahlian TKJ
Drs.Cone
Kustarto Arifin Prio Adi Nugroho, S.ST
NIP : 196704132000121003 NIP :
198405172010011013
2. PROFIL PERUSAHAAN
SEJARAH
PERUSAHAAN
Bee Happy Translation Services didirikan pada tahun 2014 oleh Evi
Datur Rofiah. Beliau memulai karirnya sebagai penerjemah lepas (freelance
translator) dan setelah memperoleh pengalaman kerja cukup di berbagai perusahaan
multinasional, beliau pun bersemangat untuk membuka perusahaan penerjemahannya
sendiri. Evi telah banyak mengetahui berbagai kompleksitas dalam memulai dan
meningkatkan usaha bisnisnya, namun dengan menerapkan kemampuan marketingnya
secara bijak, beliau berhasil mengembangkan Bee Happy Translation Service
menjadi perusahaan terdepan diantara industri lainnya. Bee Happy Translation
Services selalu mencari cara untuk menciptakan banyak kesempatan dan dengan
demikian, membuat layanan kami dapat diakses dengan mudah oleh populasi yang
lebih banyak dengan mengatasi celah kebahasaan.
Bee Happy Translation Services memiliki tim ahli bahasa
profesional dan berpengalaman dengan minimal 5 tahun pengalaman di bidang
bahasa, beserta para editor dan personalia account service yang mengusahakan
untuk memuaskan kebutuhan klien dan menghadapi tantangan dengan mengutamakan
efisiensi, kualitas dan biaya. Komunikasi efektif juga merupakan komponen utuh
Bee Happy Translation Services. Lebih lagi, perusahaan selalu memberikan
kualitas dan konsistensi pada setiap jenis layanan yang berujung pada pelayanan
profesional jangka panjang yang terikat pada Anda dan organisasi Anda.
Bee Happy Translation Services berkomitmen dalam menyediakan hasil terbaik dan
kepuasan bagi setiap klien, serta memastikan transparansi dan akuntabilitas.
Visi Perusahaan
Bee Happy
Translation Services memiliki visi dalam mengurangi hambatan kebahasaan secara
efektif dalam setiap tingkatan bisnis dan industri.
Struktur
Perusahaan
·
Director
( Benny Sugeng Andriyanto )
·
Finance
Manager ( Evi Datur Rovivah )
·
Human
Growth ( Nurin Rusydina Kinanthi )
·
Project Coordinator 1. Transciption
( Ni Luh Pranamyta Nadiva Priliana )
2. Translation ( Maria
Talitakumi Widiastuti )
·
Digital
Marketing ( Naviga Vanda Pranata,
Satrio Kartika Adi ).
Bidang Usaha
Bee Happy Translation Services adalah perusahaan penyedia layanan
bahasa (LSP), berlokasi di Indonesia dan bertujuan memberikan layanan
kebahasaan yang efisien dengan harga terjangkau guna mengatasi rintangan dalam
kebahasaan diantara perusahaan bisnis yang terletak di berbagai wilayah. Bee
Happy Translation Service selalu berusaha untuk melayani klien yang beragam,
baik individual, perusahaan kecil maupun menengah, dalam menyambungkan celah
bahasa dengan menyediakan layanan kebahasaan yang efisien dalam berbagai bahasa
di Asia. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan dengan ketelitian,
kecepatan yang besar dan terpercaya seperti layanan penerjemahan, layanan
transkripsi, editing & proofreading, lokalisasi situs web, interpretasi,
dan asisten virtual. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah memperkuat wilayah
klien di Asia dan negara lainnya dengan menyalurkan layanan kebahasaan
eksklusif dengan berbagai klien kelas atas, termasuk Cicero Translations,
Quipper, Eos Intelligence, Chemonics dan banyak lagi.
Produksi
yang di hasilkan
TRANSLATION
Bee Happy
Translation Services percaya bahwa memberikan layanan berkualitas tinggi yang
berkelanjutan adalah cara terbaik untuk menjalankan bisnis yang sukses dengan
membentuk hubungan timbal balik yang saling percaya dengan klien. Secara khusus
berfokus pada akurasi dan kompetensi, tim ahli penerjemah dan manajer kualitas
memiliki profesionalisme tingkat tinggi. Profesionalisme semacam ini
dikombinasikan dengan dedikasi yang kuat dan membuat layanan kami berbeda
dibandingkan banyak agensi di luar sana.
Bee Happy
menawarkan beragam bidang Layanan Terjemahan untuk memenuhi kebutuhan klien.
Mulai dari terjemahan pemasaran hingga terjemahan tersertifikasi, dalam bidang
keahlian apa pun dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Berikut adalah bidang keahlian yang biasa kami miliki:
• Biologi
• Bisnis
• Kimia
• Komunikasi
• Teknik
• Keuangan
• IT
• Hukum
• Pemasaran
• Minyak dan gas
• Power
• Travel and Leisure
• Bidang lain
LOCALIZATION
Pelokalan Situs
Web pada dasarnya yaitu menyesuaikan konten situs web agar sesuai dengan nuansa
budaya dan bahasa di setiap pasar internasional baru. Ini pada dasarnya
mempertimbangkan perbedaan budaya, bahasa, dan teknis suatu wilayah dan
mengubah konten situs web tanpa mengubah keaslian konten aslinya.
Saat ini,
industri menjual barang dan jasanya tidak hanya ke pelanggan domestik tetapi
juga ke pelanggan yang berada di berbagai belahan dunia. Interaksi dengan
pelanggan internasional sangat bergantung pada seberapa efektif bisnis dapat
menyampaikan pesan merek mereka melalui konten situs web mereka. Mengingat perbedaan
budaya dan bahasa di seluruh wilayah, teknik pelokalan situs web yang
direncanakan dengan baik diperlukan untuk bisnis apa pun yang ingin memperluas
operasi mereka.
EDITING & PROOFREADING
Mayoritas
perusahaan mempekerjakan editor dan korektor untuk memastikan bahwa konten
diperiksa dua kali lipat, ditulis dengan baik dan memiliki kualitas tertinggi.
Operasi bisnis transnasional dari banyak perusahaan akhir-akhir ini telah
menghasilkan kebutuhan akan berbagai layanan pengoreksian dan pengeditan,
terutama bergantung pada persyaratan bahasa dari pasar yang ditargetkan.
Persyaratan layanan pengeditan, baik itu untuk pemasaran konten atau
proofreading akademis, dihadapi oleh semua industri, baik skala kecil maupun
besar.
Namun,
sebelum memilih di antara kumpulan editor dan korektor yang tersedia di seluruh
dunia, kita harus mengenal berbagai jenis layanan pengeditan. Berikut adalah
jenis layanan pemeriksaan dan pengeditan yang dapat dipilih:
·
Developmental Editing:
Bagi mereka
yang mencari bantuan yang konsisten saat merumuskan dokumen mereka harus
memilih layanan developmental editing. Developmental editing berfokus
pada keseluruhan struktur dan konten artikel. Restrukturisasi dan revisi plot,
ide, argumen, dan yang terpenting nada teks membentuk esensi dari jenis layanan
pengeditan ini.
Melalui developmental
editing, kita bisa mendapatkan artikel yang terdefinisi dengan baik, secara
bersamaan memungkinkan klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang
proposal penulisan mereka. Untuk penulisan akademik dan buku, developmental
editing membantu proses perumusan dari tahap awal, yaitu dari konsep hingga
kesimpulan. Bagi mereka yang mencari editor untuk konten situs web harus
menyewa editor pengembangan yang memiliki pengetahuan SEO yang baik dan desain
antar muka pengguna.
· Line
Editing:
Sebagai bagian dari layanan pengoreksian
dan pengeditan, line editing berfokus pada kejelasan dan konsistensi
bahasa di setiap baris dan paragraf. Line editing melihat ke dalam
struktur kalimat, apakah diformulasikan dengan baik, jelas dan masuk akal atau
tidak. Penekanan pada nada, aliran, lingos, tata bahasa, dan tanda baca dalam
teks sangat penting saat mengedit baris. Editor garis secara besar-besaran
menyelesaikan masalah yang terkait dengan:
- Inkonsistensi
dalam suara pengarang atau nada artikel
- Pilihan kata
yang tidak tepat dan struktur kalimat yang salah
- Mempersingkat
kalimat tanpa kehilangan makna aslinya
- Memeriksa fakta
yang termasuk dalam teks
Line editor secara
keseluruhan menyempurnakan draf dokumen, sambil menyarankan beberapa
perubahan penting kepada penulis atau pengarang.
· Copy
Editing:
Copyediting adalah
menyempurnakan draf akhir dokumen. Ada banyak kesamaan antara copy editing
dan line editing, namun saat kita mempelajari detailnya, perbedaan di
antara keduanya menjadi lebih jelas. Secara garis besar, copyediting
berfokus pada masalah teknis, misalnya memeriksa ulang apakah suatu kalimat
dirumuskan dengan benar atau tidak. Di sisi lain, line editing lebih
pada kreativitas artikel dan berfokus pada bagaimana ide atau argumen disajikan
dalam dokumen. Peran copy editor meliputi:
- Melakukan
koreksi pada tanda baca, tata bahasa, dan ejaan draf akhir.
- Memeriksa
penggunaan tanda hubung, font, dan tautan lain di artikel.
- Memeriksa gaya
penulisan artikel.
Selain itu, copywriter harus terbiasa dengan
berbagai gaya penulisan seperti American Psychological
Association, APA, Style, dan gaya Chicago Manual.
· Proofreading:
Orang yang mencari layanan proofreading
dan editing umumnya bingung antara layanan copyediting atau proofreading,
tetapi keduanya berbeda dalam beberapa aspek. Proofreading adalah
langkah terakhir dalam proses pengeditan sebelum dokumen, jurnal atau buku
dikirim untuk dicetak atau diterbitkan secara online. Ini bukan proses di mana
kita ingin mengubah plot, bab, atau sesuatu yang substansial daripada
mengoreksi kesalahan aktual dan sederhana.
Proofreading memastikan kualitas
artikel akhir dengan mengoreksi kesalahan ketik, koma, dan apostrof yang salah
tempat. Proofreader juga berfokus pada tata letak artikel seperti ukuran
font, spasi paragraf, header, catatan kaki, garis yang hilang atau halaman yang
diberi nomor dengan tidak benar.
TRANSCRIPTION
Transkripsi
umumnya berarti mengubah file video atau audio ke dalam format tertulis. Namun,
bergantung pada kebutuhan klien, pekerjaan transkrip dapat berbeda dalam
tingkat presisi yang digunakan untuk mentranskripsikan file rekaman dalam
bahasa lain. Dengan kata lain, beberapa jenis transkripsi melibatkan kata ke
kata dan transkripsi terperinci dalam bahasa yang ditentukan, sementara yang
lain melibatkan transkrip dengan hanya mempertahankan makna otentik dari file
media.
Industri
telah menjadi mobile tidak seperti sebelumnya, dengan operasi mereka berkembang
di berbagai wilayah di dunia. Untuk menjaga hubungan bisnis yang baik dengan
klien dan pelanggan di luar negeri, transkripsi profesional pidato, presentasi,
dan media audio / video terkait bisnis lainnya sangat penting.
Transkripsi
tampak mudah sekali tetapi memerlukan banyak upaya untuk mempertahankan arti
asli dari file media tersebut. Meskipun demikian, berikut adalah tiga jenis
layanan transkripsi profesional yang umum digunakan:
- Verbatim transcription
Verbatim transcription adalah
cara yang paling sulit dan memakan waktu untuk mentranskripsikan file audio dan
video menjadi teks tertulis. Ini melibatkan transkripsi kata ke kata dan
sekaligus memastikan bahwa setiap emosi; tawa, kebisingan latar belakang,
gumaman, seruan, desahan, batuk, gagap atau kalimat yang kacau ditranskripsikan
ke dalam bahasa yang ditakdirkan. Dengan kata lain, ini adalah transkripsi
literal dari setiap kata dalam file audio / video. Transkripsi kata demi kata
tidak memperhitungkan kesalahan tata bahasa atau penggunaan kata yang tidak
tepat dalam sebuah kalimat, dan karenanya pembaca mungkin menghadapi kesulitan
saat membaca teks tertulis.
Dengan bantuan verbatim
transcription, kita akan dapat memahami konteks yang jelas dimana setiap
interaksi terjadi di file media. Ini secara akurat mereplikasi apa yang telah
dikatakan dan cara yang dikatakan dalam rekaman. Transkripsi verbal paling
cocok untuk:
• Industri hiburan, film,
dan serial TV
• Proses pengadilan dan
investigasi polisi
• Psikologi dan interaksi
klinis
• Wawancara untuk tujuan
hukum dan lamaran pekerjaan
• Riset akademis atau
pasar, dan banyak lagi.
2.
Edited Transcription
Tidak
seperti verbatim transcription, pembuat transkripsi dapat menghilangkan
beberapa frasa dan kata dari file audio / video dalam transkripsi yang diedit.
Namun demikian, perubahan dapat dilakukan tanpa mengubah arti sebenarnya dari
rekaman tersebut. Penting bagi transcriber untuk memahami tujuan dan arti
rekaman, dan secara bersamaan membuat keputusan bagian mana yang akan
dimasukkan dan mana yang tidak disertakan dalam dokumen akhir.
Jenis transkripsi ini tidak menyertakan
emosi, ucapan yang kacau, setengah kalimat, dan dialog tidak jelas lainnya
dalam dokumen tertulis. Dokumen transkrip ditulis secara sistematis dan mudah
dipahami oleh pembaca. Transkripsi yang diedit biasanya digunakan selama:
• Konferensi bisnis
• Pidato resmi
• Wawancara publikasi
• Mempersiapkan risalah rapat
Edited transcription
adalah salah satu metode transkrip yang populer dan banyak digunakan ketika
perusahaan harus berbagi ide bisnis dengan mitra bisnis mereka yang berbasis di
negara lain.
3.
Intelligent transcription
Intelligent transcription
membawa transkripsi ke tingkat berikutnya dan merupakan versi yang sangat halus
dari teknik transkripsi umum, yaitu verbatim transcription dan edited
transcription. Bentuk transkripsi ini menghilangkan segala jenis
pernyataan, pikiran, jeda, dan emosi yang tidak jelas. Tujuannya adalah untuk
menghasilkan dokumen tertulis yang menyampaikan pesan langsung dan jelas
tentang konteks interaksi. Parafrase dan perubahan kecil dalam dialog dibuat
agar sesuai dengan konteks rekaman.
Transcriber yang berpengalaman dan
berkualifikasi tinggi diperlukan untuk melakukan intelligent transcription
karena sebagian besar pekerjaan transkrip terbatas pada bidang medis dan
lainnya yang menuntut tingkat presisi yang tinggi dalam dokumen yang
ditranskrip. Misalnya, transkripsi rencana operasi yang salah akan menimbulkan
konsekuensi kesehatan yang serius pada pasien.
Selain
pengobatan, intelligent transcription juga digunakan untuk:
• Komunikasi Bisnis sebagai pebisnis dan eksekutif membutuhkan
informasi yang jelas dan langsung ke intinya.
• Publikasi makalah
akademis karena jenis dokumen ini memerlukan konversi pidato tidak lengkap dan
informal menjadi suara tertulis langsung dan formal untuk mempertahankan nada
formal dalam dokumen akhir.\
VIRTUAL ASSISTANT
Virtual
assistant adalah individu atau entitas independen yang menyediakan berbagai
layanan, terutama layanan administrasi kepada bisnis dari lokasi yang jauh.
Berbasis di luar kantor klien, virtual assistant menjadi menonjol dengan
meningkatnya penggunaan internet oleh perusahaan untuk menjalankan operasi
sehari-hari mereka.
Mempekerjakan
virtual assistant akan dapat menghemat biaya karena mereka menyediakan layanan
kontrak. Dengan kata lain, Anda tidak harus menawarkan manfaat yang sama
seperti yang Anda lakukan kepada karyawan penuh waktu Anda. Selain itu, mereka
berbasis di luar kantor, oleh karena itu tidak perlu membeli meja dan kursi
untuk virtual assistant.
Meningkatnya
jumlah kontraktor dan freelancer independen telah menghasilkan semburan dari
beberapa organisasi berbasis web yang bertindak sebagai perantara antara klien
dan kontraktor untuk menyediakan layanan asisten pribadi online terbaik.
Virtual
assistant telah terbukti menjadi salah satu aset terbesar bagi banyak
perusahaan, tetapi penting untuk memilih asisten pribadi virtual yang memenuhi
syarat tergantung pada sifat bisnis. Berikut ini adalah layanan penting yang
disediakan oleh perusahaan virtual assistant berbasis web:
·
Asisten virtual untuk Layanan Administratif:
Tugas administratif biasanya
berulang dan memakan waktu. Hal tersebut lebih baik untuk dilakukan outsourcing
ke asisten virtual dan berkonsentrasi pada tugas bisnis produktif dan inti
lainnya yang membutuhkan lebih banyak perhatian.
Asisten administrasi virtual
melakukan berbagai tugas termasuk:
-
Menjadwalkan janji temu,
-
Mengelola file dalam penyimpanan berbasis cloud online,
-
Merumuskan dan menanggapi email,
-
Membuat reservasi dan pemesanan perjalanan lainnya,
-Mempersiapkan
presentasi dan dokumen penting lainnya untuk pertemuan bisnis.
·
Asisten Virtual untuk Riset Pasar:
Revolusi Industri 4.0 telah
meningkatkan persaingan di lanskap industri. Transaksi lintas batas berbagai
perusahaan dipengaruhi oleh kehadiran pesaing baik di tingkat nasional maupun
global. Menjadi penting bagi semua bisnis untuk merumuskan strategi yang
berorientasi pada pertumbuhan dan layak setelah melakukan analisis yang cermat
terhadap tren pasar terbaru dan yang diperkirakan. Saat ini, asisten virtual
untuk riset pasar memainkan peran penting dalam membantu perusahaan melakukan
riset pasar yang efektif.
Beberapa tugas yang dilakukan oleh
asisten virtual di bidang ini meliputi:
- Memantau dan menganalisis aktivitas pesaing,
- Mengidentifikasi peluang dan risiko dengan melakukan analisis
SWOT,
- Menganalisis model penetapan harga yang berbeda,
- Melakukan survei / wawancara untuk mengidentifikasi suka dan
tidak suka konsumen,
- Mengidentifikasi peluang untuk jaringan bisnis online, dll.
·
Asisten Virtual untuk Manajemen Data:
Inovasi di bidang teknologi dan
internet telah menghasilkan perkembangan data dalam jumlah besar. Manajemen Big
Data dengan teknologi AI yang efisien diperlukan oleh semua bisnis untuk
melacak penjualan mereka, preferensi konsumen, keefektifan berbagai kampanye
pemasaran, dll. Asisten virtual untuk manajemen data memastikan bahwa semua
data penting dimasukkan ke komputer Anda database secara akurat tanpa
penundaan. Asisten virtual membantu dalam:
-
Memeriksa data dan mengoreksinya untuk meminimalkan kesalahan,
-
Memfilter dan mengkategorikan data yang perlu dimasukkan,
-
Menghapus informasi yang tidak relevan dan lama,
-
Menafsirkan data dan menyajikannya dalam format yang tepat, dll.
·
Asisten Virtual untuk Media Sosial dan Pemasaran Digital:
Membangun kehadiran online yang
solid melalui internet termasuk platform media sosial telah menjadi alat
pemasaran yang penting untuk menarik konsumen, meningkatkan penjualan, dan pada
akhirnya pendapatan bisnis. Media sosial adalah platform yang efektif untuk
berkomunikasi dan berinteraksi dengan calon pelanggan. Anda dapat menghindari
upaya dan waktu yang diinvestasikan dalam pemasaran media sosial dengan menyewa
asisten virtual media sosial yang akan melakukan hal-hal berikut untuk bisnis
Anda:
-
Kelola profil perusahaan Anda di platform seperti Facebook, LinkedIn, Instagram,
Twitter, Pinterest, dll.
-
Membuat dan menjadwalkan posting untuk pegangan media sosial,
-
Mengelola iklan Google, iklan Facebook, dll.
-
Mempersiapkan kalender media sosial dan melakukan hal yang sama,
-
Memantau dan menganalisis aktivitas media sosial pesaing, dan banyak aktivitas
serupa.
3. PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Praktek Kerja
Lapangan yang di singkat dengan PKL merupakan bagian dari program pembelajaran
yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud
nyata dari pelaksanaan system pendidikan di SMK yaitu Praktek Kerja
Lapangan(PKL). Program PKL disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam
rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja
terhadap pengembangan program pendidikan SMK. Dengan PKL peserta didik dapat
menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang di tuntut kurikulum, dan di
samping itu mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah
menamatka pendidikannya.
Dalam rangka pengembangan program sekolah
menengah kejuruan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan serta
menyediakan tenaga kerja yang professional tingkat menengah yang berkualitas
perlu berorientasi pada dunia usaha/industri, maka diperlukan program pembinaan
dan pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang diupayakan untuk
menyiapkan tenaga yang terampil dengan profesionalisme dan etos kerja yang
tinggi.Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adanya pernyataan bahwa
kemampuan tamatan sekolah menengah kejuruan belum cukup diakui oleh masyarakat
dan dunia usaha/industri sehingga masih ada bahwa tamatan sekolah menengah
kejuruan belum siap pakai.
Hal ini terjadi antara lain karena antara
sekolah dengan dunia usaha/industri belum terjadi Link and Mach dalam arti
belum adanya keterkaitan antara sekolah dengan dunia usaha/industri, dan belum
adanya kepadanan antara kurikulum sekolah dengan dunia usaha/industry, seharusnya
antara sekolah menengah dengan dunia usaha/industri saling mengisi dan saling
mendorong secara integrative untuk memacu produktifitas nasional dalam
mengatasi globalisasi yang menuntut keunggulan komperatif dan kompetitif.
Melalui pendekatan Link and Mach dengan
Pendidikan Praktek Kerja Lapangan maka siswa sekolah menengah kejuruan yang
dapat mengoptimalkan aktivitas dan dapat mengembangkan sikap professional.
-
Rumusan
Masalah
1.
Masalah yang sering kita hadapi adalah
bagaimana cara optimasi social media. Solusinya : menanyakan kepada pak Po dan
Pak Po pun menjelaskan kembali optimasi social media jika di rasa oleh yang
bertanya kurang paham maka, bisa di tanya kan lagi lebih jelas atau bisa di
cari reverensi yang luas
-
Tujuan
Praktik Kerja Lapangan
1.
Mengimplementasikan materi yang selama
ini didapatkan disekolah.
2.
Membentuk pola pikir yang konstruktif
pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN.
3.
Melatih siswa untuk berkomunikasi /
berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya.
4.
Menambah dan mengembangkan ilmu
pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PKL sesuai bidang
masing-masing.
5.
Menambah jenis keterampilan yang
dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam
kehidupan sehari-hari.
6.
Menjalin kerjasama yang baik antara
sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
7.
Memberikan bekal etos kerja yang
tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan
pasar kerja global.
-
Manfaat
Praktik Kerja Lapangan
·
Bagi Peserta Didik
1.
Mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu
yang diperoleh di sekolah.
2.
Menambah wawancara dunia kerja, iklim
kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
3.
Menambah dan meningkatkan kompetensi
serta dapat menanamkan etos kerja yang tinggi.
4.
Memiliki kemampuan produktif sesuai
dengan kompetensi keahlian yang dipelajari di tempat PKL.
5.
Mengembangkan kemampuannya sesuai
dengan bimbingan/arahan pembimbing industri.
·
Bagi sekolah
1.
Terjalinnya hubungan kerjasama yang
saling menguntungkan antara sekolah dengan dunia kerja(perusahaan).
2.
Meningkatkan kualitas lulusannya
melalui pengalaman kerja selama PKL.
3.
Mengembangkan program sekolah melalui
sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan
sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL.
4.
Meningkatkan kualitas lulusan.
·
Bagi DU/DI
1.
Dunia kerja (DUDI)lebih dikenal oleh
masyarakat sekolah sehingga dapat membantu promosi produk.
2.
Adanya masukan yang positif dan
konstruktif dari SMK untuk perkembangan DUDI.
3.
Dunia kerja/DUDI dapat mengembangkan
proses dan atau produk melalui optimalisasi peserta PKL.
4.
Mendapatkan calon tenaga kerja yang
berkualitas sesuai dengan kebutuhan.
5.
Meningkatkan citra positif DUDI
sebagai bentuk implementasi dan inpres No 9 tahun 2016.
4. PEMBAHASAN
-
MEMBUAT WEBSITE, ARTIKEL, ARTIKEL KAIDAH SEO,OPTIMASI
FACEBOOK, INSTAGRAM, TIKTOK, TOKOPEDIA, MENERIMA SHEARING, SHEARING KE TEMAN -
TEMAN
-
Membuat
Website
Untuk
artikel biasanya kami membuat kurang lebih 500 kata
Contoh
:
-
Artikel
Kaidah SEO
Untuk
kaidah SEO biasanya kami menyisipkan link kepada kata kunci artikel
Contoh
:
-
Optimasi
Fb
Untuk optimasi facebook bisanya kami memposting di marketplace dan di grup yang sesuai dengan produk kami, untuk produk kami yaitu Dimsum atau bisa di sebut dengan “Dimsunday”. Dan juga kami biasanya nge-up postingan di facebook, komen di postingan orang, ngechat orang buat beli produk kami.
Post Marketplace
Up-postingan
Komen postingan yang sesuai
Chat orang untuk mendapatkan pembeli
-
Optimasi
Instagram
Untuk optimasi instgaram bisanya kami Membuat feednya, follow unfollow, membuat kepsen buat feed, menjadwalkan postingan, riset hastag, story.
Membuat feed
Follow unfollw
Membuat caption
Menjadwalkan postingan
Riset hastag
Story
-
Optimasi
Tiktok
Untuk tiktok biasanya kami mengedit video, follow unfollow, memposting vidio.
Mengedit video
Follow unfollow
Post Vidio Tiktok
-
MENERIMA
SHARING
-
SHARING
KE TEMAN – TEMAN
5. KESIMPULAN DAN SARAN
a)
Kesimpulan
Setelah saya melakukan PKL di CV
BEEHAPPY TRANSLATION saya menjadi lebih tau mengenai Digital Marketing, dan
yang paling penting saya mendapatkan gambaran dalam dunia kerja juga setelah
lulus saya akan mendapatkan gambaran kedepannya ingin melakukan apa.
b)
Saran
Buat sekolah : untuk sekolah
bekal buat yang mau PKL selanjutnya di permatang kondisi fisik juga lebih di
tanyai sanggup apa ngga PKL di tempat yang di pilih kan oleh guru dan kalo ada murid nya bertanya tolong di
jawab apa lagi mengenai tempat PKL an.
Buat PKL an : untuk PKL an semoga
yang PKL berikutnya lebih serius dan lebih fokus lagi dalam mengerjakan
backlog, lebih sabar lagi ketika menghadapi siswa PKL an yang kadangan ngga
terlalu serius saat melakukan pekerjaan dan terima kasih telah membimbing kami
selama 4 bulan semoga pelajaran yang kami dapatkan bisa bermanfaat kedepannya.
Daftar
pustaka
https://seller.shopee.co.id/portal/product/list/all
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1dwtJfzJ1eeTPz-WI4h48mG0lVpJlx95kGg5RpsUlJuc/edit#gid=0
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1dwtJfzJ1eeTPz-
https://drive.google.com/drive/folders/1M14aNt5aQ6W7weYBa1IV57RaBFzjeayo
https://drive.google.com/drive/folders/1jrfXsKwkxNt87BVyw1jUS3B6ugXCABCY
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yMLx56YHGO8Vu-RE9yvXes1PWkC9cwp9E78P2E5EaZU/edit#gid=0
https://www.canva.com/design/DAEdq9wKtJQ/_9IrwfUXmk7jpmVXwYvvtg/edit
https://www.facebook.com/marketplace/you/selling
Jurnal PKL selama 4 bulan di Cv Beehappy Translation
Komentar
Posting Komentar